Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERAPI DEPRESI DENGAN HIPNOTERAPI |Hipnoterapi Makassar | 085399869667

 



Benarkah Depresi Bisa Ditangani dengan Hipnoterapi ?

Depresi merupakan salah satu masalah psikologi seseorang disebabkan oleh banyaknya beban pikiran. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan fisik, sehingga harus diperhatikan dengan baik oleh setiap orang.

Tahapan Hipnoterapi dalam Mengatasi Depresi

Hipnoterapi adalah metode pengobatan yang diterapkan pada seseorang yang memiliki masalah dengan psikologinya. Banyak manfaat diperoleh dari semua proses ini untuk mengubah sikap, perilaku dan cara pandang. Supaya berhasil, harus mengikuti tahapan berikut ini.

1.      Pre-Talk

Tahapan pre-talk bertujuan untuk menggali informasi dari pasien. Supaya diketahui faktor yang menyebabkan pasien mengalami depresi. Selain bersama terapis, Anda pun bisa melakukan sendiri sehingga lebih semangat untuk berubah.

Poin utama dalam tahap ini adalah jujur pada diri sendiri tentang apa yang dirasakan. Merasa tidak nyaman memang hal lumrah terjadi. Tetapi jika diteruskan, akan mengganggu proses hipnoterapi sehingga tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Harapan terapis di sini adalah mampu menyembuhkan masalah mental pasien. Karena itu, jika dalam diri pasien sendiri masih malu untuk berkomunikasi dengan terapis. Maka, kemungkinan besar terapi gagal dilakukan. Usahakan untuk terbuka meskipun tidak nyaman.

2.      Analisis SWOT

Tapan ini, terapis akan meminta pasien untuk melakukan perenungan kelebihan dan kekurangan diri. Harus dilakukan dengan fokus supaya lebih memahami diri. Pemahaman akan diri yang benar seringkali menghilangkan pikiran negatif.

Setelah itu, pasien bisa lebih mudah untuk yakin agar semangat berubah. Peluang positif apa saja di masa depan pun bisa dipikirkan dengan baik. Artinya, pikiran mulai terbuka supaya tidak terus terpuruk dengan perasaan depresi tersebut.

Jadi, intinya tahapan analisis SWOT (strengths, weakness, opportunities dan threats) adalah melakukan analisa untuk mengenali diri sendiri. Biasanya setelah langkah ini dilakukan, pasien lebih mampu menerima semua kekurangan yang dimiliki serta mau mengubah apa yang dapat diubah.

3.      Pra Induksi

Tahap pra induksi dimana terapis akan merancang sugesti. Setelah itu, baru diteruskan guna mempengaruhi alam bawah sadar pasien. Artinya, jika pasien yakin maka proses hipnoterapi akan berhasil.

Namun, sebaliknya jika pasien merasa ragu maka kemungkinan besar segala prosesnya menjadi tidak berarti. Tahapan ini juga sangat penting untuk dipahami dengan baik supaya hasil hipnoterapi berjalan seperti yang diharapkan.

4.      Induksi

Tahap induksi akan dibuat pasien supaya berada dalam kondisi setengah tidur. Pasien dibuat lebih rileks sehingga sugesti mudah didengar dan dipahami. Tahapan ini sangat menentukan berhasil atau tidaknya hipnoterapi.

Cara kerjanya, pasien diarahkan dari gelombang otak alpha dalam keadaan sadar menuju gelombang theta. Gelombang ini berfungsi ketika pasien setengah tidur. Namun, jika belum masuk ke theta, biasanya sugesti sulit masuk ke otak pasien.

5.      Hipnosis

Tahapan berikutnya yaitu hipnosis dimana sugesti sudah mulai dimasukkan ke otak pasien. Beban tubuh pasien terasa lebih ringan serta setengah mengantuk. Artinya, selama dihipnosis pasien tidak sepenuhnya tidur.

Satu per satu sugesti mulai dijalankan. Terapis tentunya berharap proses ini berjalan dengan lancar supaya hipnoterapi berhasil. Karena itu, kerja sama pasien sangat dibutuhkan sejak awal memasuki seluruh tahapan hipnoterapi.

6.      Meneruskan Sugesti

Proses pemberian sugesti masih terus berlanjut bahkan saat hipnosisi sudah selesai. Ini disebut juga dengan posthypnotic suggestion bertujuan untuk mengubah perilaku pasien seluruhnya. Jadi, tidak dilakukan setengah-setengah.

Tentu saja, selama tahapan ini pun akan didampingi oleh terapis. Tidak boleh meninggalkan pasien begitu saja saat belum selesai. Biasanya dari tahap ini akan terlihat berhasil atau tidaknya proses hipnoterapi yang sudah dijalankan.

7.      Terminasi

Merupakan tahap terakhir terapi ini. Pasien akan diarahkan menuju alam sadar seperti menggunakan kalimat tertentu. Terapis menerapkan terminasi secara perlahan sampai pasien sadar sepenuhnya. Keberhasilan hipnoterapi, salah satunya disebabkan diri sendiri dan lingkungan.

Misalnya, sifat-sifat yang dimiliki oleh pasien mendukung hingga akhir terapi. Pasien ikut terapi ini harus karena kemauan dan keyakinan untuk berubah, bukan sebab paksaan dari pihak lain. Keinginan untuk berubah meningkatkan rasa percaya diri ke arah lebih positif.

Keberhasilan hipnoterapi karena faktor lingkungan dimana pasien mendapat dukungan dari orang sekitarnya. Keluarga, teman bahkan rekan kerja memotivasi untuk ikut terapi supaya lebih bagus dalam berpikir dan bertindak.

Penting Harus Diketahui Sebelum Menjalankan Hipnoterapi



Hipnoterapi atasi depresi sudah banyak untuk mengatasi kondisi medis tertentu seperti gangguan kecemasan, masalah konsentrasi, mengatasi kebiasaan merokok hingga depresi. Hingga saat ini, terapi ini dianggap cukup aman dengan sedikit efek samping.

Jika terapi tanpa pengawasan psikiater atau psikolog dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan dan berbahaya. Seperti membuat otak menyimpan memori yang salah, menambah rasa cemas dan takut berlebihan. Efek samping ini semakin fatal akibatnya jika tidak bisa ditangani karena bisa membuat seseorang bunuh diri.

Karena itu, disarankan agar hipnoterapi bukan satu-satunya pilihan atasi depresi. Tetapi, pilihan terakhir saat semua pengobatan lain tidak mempan.



Klinik Hipnoterapi Terbaik dan Recommended di Makassar

Seperti disebutkan sebelumnya, harus ada pendamping selama menjalani terapi ini. Menariknya, di Makassar sudah tersedia klinik yang dipegang oleh terapi handal, bahkan sudah memiliki izin resmi dari Dinas Kesehatan.

Artinya, keahlian dan berbagai hal selama melakukan terapi di sini tidak perlu diragukan lagi. Calon pasien bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online gratis, tanpa mengeluarkan biaya. Namun, konsultasi offline berbayar.

Sudah berhasil membantu sejumlah pasien untuk keluar dari masalahnya. Hebatnya, ada pasien yang sudah merasakan hasilnya bahkan saat di sesi pertama. Jangan khawatir tentang harganya karena cukup terjangkau sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Perubahan dalam diri pasien setelah sesi terapi bisa langsung dirasakan. Contohnya lebih kuat, lebih sabar dan terkontrol dalam berperilaku. Pikiran menjadi terbuka dibandingkan sebelum menjalani hipnoterapi. Makanya, segera hubungi www.klinikhipnoterapimakassar.com untuk booking jadwal terapi.

Info selengkapnya !!!