Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hipnoterapi Untuk Atasi Depresi | 085399869667

 

Hipnoterapi Untuk Atasi Depresi

Hipnoterapi menjadi metode yang banyak disarankan untuk atasi depresi tak jarang juga yang masih berpikiran jika hipnoterapi dan psikolog sama. Untuk menjawab pertanyaan seputar hipnoterapi dan depresi akan dibahas disini.

Kesehatan mental saat ini sedang jadi pembicaraan menarik. Mulai dari lingkungan kerja, keluarga, sekolah bisa menjadi penyebab depresi beruntung di Indonesia pandangan pengobatan depresi sudah mulai terbuka.

Hipnoterapi sedang jadi trend untuk mengatasi depresi. Tak tanggung lagi biaya yang harus dikeluarkan jika mengikuti terapi hipnoterapi tidak sedikit. Tentu sebagian orang bertanya-tanya benarkan hipnoterapi bisa atasi depresi? lalu apakah tidak lebih baik ke psikolog?.

Fakta Hipnoterapi Bisa atau Tidak Atasi Depresi

Depresi menjadi bagian dari salah satu gangguan mental yang tidak boleh dibiarkan berlarut. Bukan hanya membuat gangguan kesehatan fisik namun bisa menyebabkan penderita depresi mengalami susah tidur, kelelahan sampai mengalami penurunan fasilitas hidup.

Kategori depresi sendiri ada bermacam-macam mulai dari ringan, sedang hingga parah dan cara menanganinya juga beragam.  Jika masih dalam kategori ringan bisa diatasi sendiri dengan melakukan kegiatan positif.

Mulai dari olahraga, menjalani hobi yang disukai, banyak membaca buku, dan menghindari apa yang menyebabkan depresi. Tak jarang depresi datang akibat pikiran sendiri bukan faktor dari luar intinya buat diri nyaman maka perlahan depresi akan hilang.

Apabila kategori depresi sudah masuk kategori sedang hingga parah maka bisa diatasi dengan melakukan gaya hidup sehar serta menjalani perawatan sesuai kebutuhan. Mungkin ada jenis obat yang harus diminum.

Masuk ke pertanyaan inti apakah hipnoterapi bisa mengatasi penderita depresi?. Jawabannya hipnoterapi bisa dipilih namun tidak dijasikan sebagai pengobatan utama.

Sifat hipnoterapi hanya sebagai pelengkap namun jika harus melengkapi pengobatan sampai melakukan terapi perilaku butuh seorang psikoterapi. Tujuannya supaya penderita depresi bisa memiliki kondisi dan keadaan yang lebih baik.




1.      Gambaran Hipnoterapi untuk Depresi

Terapi bagi penderita depresi dilakukan selama satu jam dan dibagi ke dalam beberapa sesi. Biasanya hipnoterapi melakukan metode semacam menghilangkan setengah kesadaran sehingga seseorang bisa berada dalam kondisi yang nyaman.

Disini terapis akan memberikan afirmasi positif dan juga saran yang sesuai dengan permasalahan. Prosesnya sendiri masuk ke dalam jiwa manusia sehingga ada peluang penderita depresi setelah terapi akan merubah kebiasaan yang tidak baik dan mengganti dengan kebiasaan sehat.

Pengelolaan emosi penderita depresi juga akan lebih stabil. Pasalnya emosi berlebihan inilah yang menjadi pemicu depresi dan bisa memperburuk gejala yang diderita seseorang.

2.      Pilih Terapis Terbaik untuk Hasil Maksimal

Pengobatan hipnoterapi faktanya tidak dilakukan oleh sembarang orang melainkan oleh ahlinya dan biasanya sudah punya lisensi resmi. Lebih baik jika memilih yang sudah berlisensi karena hipnoterapi memiliki potensi dampak buruk.

Karena penderita depresi akan kehilangan setengah kesadaran maka terapis bisa bertanya di luar permasalahan, atau melakukan hal negatif. Cara memilih terapis yang tepat bisa dengan mencari referensi di internet atau bertanya kepada orang yang pernah berobat ke terapis.

3.      Atasi Depresi Mandiri Tanpa Hipnoterapi

Sudah dijelaskan sebelumnya jika hipnoterapi sifatnya bukan pengobatan pokok melainkan pelengkap. Jadi jika punya keinginan mengatasi depresi secara maksimal bisa dengan melakukan kegiatan di rumah dan mengkonsumsi obat.

Cara mengatasi depresi mandiri bisa dilakukan dengan fokus pada hal yang disukai. Misalnya suka masak dan mencoba makanan baru maka lakukan hal tersebut sampai membuat diri tenang dan bahagia.

Menceritakan apa yang menjadi penyebab depresi ke orang terdekat juga tidak ada salahnya. Asal pilih orang yang benar-benar bisa dipercaya karena tidak semua orang bisa menjaga rahasia apalagi bagi seorang penderita depresi.



Tahapan Hipnoterapi Atasi Depresi

Tahapan hipnoterapi mengobati depresi seseorang tentunya dengan membantu orang masuk kea lam bawah sadar. Disini mungkin bagi penderita depresi akan merasakan ketenangan.

Kebanyakan depresi berasal dari masalah yang belum selesai. Terapis akan mencoba mengidentifikasi masalah tersebut yang intinya berasal dari perasaan sendiri.

Contohnya orang yang tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya karena ia berprofesi sebagai model. Terapis akan menenggelamkan pikiran rasa tidak percaya diri itu sehingga terkubur di bawah sadar dan nantinya diberi obat anti-depresan dari dokter atau resep psikolog.

Setelah titik permasalahan yang belum selesai ditemukan maka penderita depresi akan dibawa perlahan melepaskan emosinya. Kebanyakan penderita depresi usai meluapkan emosi secara maksimal perlahan sembuh dari depresi.

Bahkan rasa trauma yang dimiliki oleh penderita depresi bisa berubah menjadi sikap yang positif. Terapis menggunakan kekuatan hipnotis jangka panjang sehingga penderita depresi perlahan nanti bisa tidur nyenyak setelah pulang.

Pemilihan hipnoterapis yang berpengalaman dan punya lisensi akan memberi pengaruh pada kesuksesan penyembuhan depresi. Ada orang yang sembuh dengan datang ke psikolog namun ada juga yang butuh terapis khusus atasi depresi.

Menggunakan metode hipnoterapis tanpa melakukan cara lainnya akan kurang efektif. Pasalnya jika mengkonsumsi obat dari dokter dan konsultasi dengan psikolog sebelumnya maka depresi akan sembuh lebih cepat.

Penanganan maksimal untuk penderita depresi wajib dilakukan sebelum depresi ringan berubah menjadi depresi berat. Pada intinya hipnoterapi untuk atasi depresi bisa saja, tapi akan lebih lengkap jika datang ke psikolog dan mendapat obat dari psikiater sebagai pelengkap.



Info selengkapnya !!!