Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Hipnoterapi Termasuk Psikoterapi Apa Bedanya ? | hipnotis makassar | 085399869667

 

Apakah Hipnoterapi Termasuk Psikoterapi Apa Bedanya?

Membahas tentang sebuah pertanyaan, apakah hipnoterapi termasuk psikoterapi apa bedanya? Memang menjadi hal yang lumrah. Karena kata tersebut memiliki kemiripan dalam metode pengobatan kejiwaan.

Agar kita bisa membedakan antara Psikoterapi dengan Hipnoterapi, perlu pendalaman yang harus dibahas di dalam artikel ini, yuk simak!

Apa saja yang akan kita bahas? Mulai dari apa itu Hipnoterapi, apa itu Psikoterapi, hingga apa yang membedakan antara keduanya.

Apa Itu Hipnoterapi

Sebelum kita membahas lebih jauh perbedaan antara hipnoterapi dan psikoterapi, yuk kita ulas satu-satu pengertiannya. Agar nantinya lebih gamblang dan jelas, terkait perbedaan dan juga persamaannya, supaya kita bisa mengambil langkah, memilih hipnoterapi atau psiko, yang jelas keduanya sama-sama sangat bermanfaat untuk mengogati mental kita.

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, manusia memiliki kelebihan yang tidak dipunyai oleh semua makhluknya. Yaitu dikaruniai dua hal, akan pikiran dan juga perasaan yang langsung dipunyai oleh manusia, beda dengan makhluk lain yang hanya diberi satu anugrah, kalau tidak perasaan berarti akal yang lebih dominan.

Nah berbeda dengan manusia yang diberi keduanya, ternyata memberikan efek yang lebih sempurna yaitu manusia menjadi pemikir dengan diperkuat perasaannya yang lebih peka.

Akibatnya, manusia juga diberikan masalah baru tentang penyakit mental jika tidak bisa mengurangi perasaan yang berlebih. Stress pun akan melanda manusia.

Tetapi, setiap ada ujian, sudah pasti Tuhan juga memberikan karunia obat nya secara bersamaan. Di mana perasaan stress berlebih, bisa diobati dengan melakukan psikoterapi atau hipnoterapi.

Kali ini tentang Hipnoterapi terlebih dahulu ya, apa sih sebenarnya pengertian Hipnoterapi itu?

Hipnoterapi adalah sebuah pengobatan mental yang biasanya dilakukan dari alam bawah sadar pasien, yang menandakan bahwa pengertiannya akan jelas beda dengan Psikoterapi, namun tetap sama-sama mengobati mental.

Pengobatan alam bawah sadar ini, sangat tergantung dari pasiennya untuk tingkat kesembuhan. Di mana penderita, jika ingin sembuh, harus mau diterapi oleh Hipnosis.

Mengapa? Karena sebelum melakukan terapi, Hipnoterapi ini juga membutuhkan analisis yang mendalam terkait gangguan mental yang diderita pasien, baru bisa melakukan upaya pengobatan dengan terapi alam bawah sadar... Info selengkapnya !!!

Apa Itu Psikoterapi

Setelah kamu tahu apa itu Hipnoterapi, yang sengaja diletakkan di awal untuk menjelaskan pengertiannya. Tentu saja ada perbedaan yang signifikan yang nantinya akan dijelaskan.

Daripada berlama-lama, yuk kita ketahui apa sih Psikoterapi itu?

Psikoterapi jika dilihat dari pengertiannya, merupakan sebuah pengobatan mental dengan cara memberikan arahan, masukan, yang intinya dengan ucapan agar pasien bisa punya pemikiran yang lebih waras. Maksudnya adalah membenahi cara pandang dari pasien.

Namun, seperti hal yang diketahui, bahwa penderita depressi atau penyakit mental lainnya, tidak hanya disebabkan oleh gangguan mental akibat persaan yang tidak bisa dikontrol saja, melainkan karena gen atau keturunan.

Nah jika demikian, berarti Psikoterapi tidak hanya dilakukan dengan ucapan saja, tetapi  juga dengan obat-obatan medis, di mana Psikiater memperoleh wewenang dalam pemberian obat.

Sehingga penyembuhan akan bisa dilakukan lebih cepat, yang dibarengi dengan tahapan terapi pasien, pemantauan proses kesehatan mental menjadi bersifat sangat penting agar pasien lebih cepat sembuh.

Tidak hanya obat-obatn dan juga terapi dengan arahan nasihat, upaya ketepatan Psikiater juga sangat diperlukan. Agar tidak sampai salah diagnosis, dan salah memberikan langkah pengobatan.

Hal ini pun juga harus dibantu oleh Pasien agar terbuka menjelaskan keluhan yang dirasakan. Begitu juga sangat tidak dianjurksn, pasien melakukan diagnosa mandiri yang lebih dikenal dengan sebutan self diagnosis, karena akan membahayakan diri sendiri.

Proses kesembuhan juga akan terhambat, jika pasien sampai salah mendiagnosa keluhan dirinya.



Perbedaan Antara Hipnoterpi dan Psikoterapi, Hipnoterapi Termasuk Psikoterapi?

Membahas tentang penyakit mental, akhir-kahir ini menjadi tranding topik yang tidak ada berkesudahan. Ada banyak sekali kasus tentang bunuh diri akibat kesalahan dirinya sendiri tidak bisa menangangi penyakit mental yang dideritanya.

Tidak hanya tindak bunuh diri, kasus pembunuhan terhadap anak pun tidak bisa terhindarkan, dengan dalih agar si ibu atau pelaku bisa lebih menyelamatkan anak dari kesensaraan hidup karena kemiskinan.

Jelas, ini adalah perkara kelaian mental yang harus diberikan solusi atau jalan keluar bagi penderita atau bagi semua masyarakat agar tidak menjadi pengulangan terhadap peristiwa tersebut.

Tentu saja ini adalah tugas dari tenaga kesehatan jiwa baik para Hipnoterapis atau Psikolog, ataupun Psikiater, untuk pengertian masing-masing, sudah dijelaskan di atas.

Sekarang menjawab, apa Hipnoterapi termasuk Psikoterapi? Jawabannya adalah termasuk, namun sebagai pengobatan alternatifnya ya.

Jika kamu tidak bisa mengkonsumsi obat-obatan medis, atau ingin mempercepat kesembuhan dengan melakukan pengobatan di medis atau non medis, Hipnoterapis pun sangat disarankan.

Karena bentuknya sebagai pendukung kesembuhan dengan terapi-terapi yang dilakukan dari alam bawah sadar, tanpa ada obat medis yang diberikan.

Apa sih yang membedakan? Hipnoterapi ini selain tidak bisa mendapat izin memberikan obat medis, ternyata Hipnoterapi juga sangat perlu melakukan komunikasi dengan baik, agar bisa menggali keluhan pasien melalui alam bawah sadarnya.

Perbedaan yang sangat mencolok, Hipnoterapi masih belum bisa dicover oleh BPJS, sedangkan untuk Psikoterapi bisa.

Meskipun tidak bisa, tidak adanya pemberian obat kepada pasien, juga sangat bermanfaat untuk para pasien, karena secara umum atau kebanyakan, ternyata obat untuk kesehatan mental bersifat ketergantungan.

Sifat ketergantungan obat medis itu lebih dominan memberikan efek ketenangan pada penderitanya, sehingga mengurangi intensitas kambuhnya. Akan tetapi, pengobatan Hipnoterapis juga kurang kuat, kalau hanya dilakukan Hipnoterapi saja tanpa Psikoterapi.

Semua tergantung kamu atau pasien lain yang ingin cepat sembuh, sekarang sudah tahu kan jawaban apakah Hipnoterapi termasuk Psikoterapi apa bedanya? Gampang kan perbedaannya? Info selengkapnya !!!