Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA ITU HIPNOTERAPI ? | Hipnoterapi Makassar | 085399869667

 

Efek Samping Apa Yang Diderita Pasien Setelah Hipnoterapi

Hipnoterapi atau yang biasanya dikenal dengan nama hipnosis adalah sebutan untuk pengobatan masalah kesehatan mental. Namun, pengobatan ini tidak bisa dilakukan. karena terdapat efek samping yang akan diderita oleh tubuh. Maka dari itu, sebelum melakukan hipnoterapi sebaiknya kenali lebih dekat seperti apa metode pengobatan yang satu ini.

Apa itu hipnoterapi?

Sebelum masuk ke pembahasan terkait efek samping apa yang diderita pasien setelah hipnoterapi, pastikan anda mengetahui pengertiannya. Hipnoterapi adalah teknik sugesti yang fungsinya adalah meningkatkan konsentrasi dan fokus yang tujuannya adalah mengobati masalah kesehatan tertentu.

Ini dilakukan saat berada di bawah alam pikiran sehingga hipnosis dapat mengenali perasaan, pikiran maupun ingatan yang menyakitkan ada seseorang. Tidak Cuma itu, hipnosis juga memungkinkan orang untuk dapat melihat hal yang berbeda misalnya menghalangi kesadaran terhadap rasa sakit yang diderita.

Biasanya terapis atau orang yang melakukan pengobatan memakai hipnoterapi ini memusatkan perhatiannya pada satu titik yang kemudian diberikan sugesti. Pada saat berada di bawah alam bawah sadar, biasanya yang dirasakan oleh pasien adalah ketenangan, santai dan juga lebih terbuka dalam menerima masukan.

Pada intinya, hipnoterapi bertujuan untuk membantu mengendalikan perilaku atau sikap yang tidak diinginkan dan mengatasi masalah mental maupun fisik. Perlu diketahui, selama proses hipnosis, anda akan kehilangan kendali terhadap perilaku yang nantinya dilakukan.

Cara hipnosis

Hipnosis biasanya dilakukan menggunakan dua cara yakni terapi sugesti dan analisis pasien. Biasanya hipnosis membuat seseorang dapat merespon sugesti yang diberikan kepadanya. Karena itu, hipnoterapi keraqp digunakan untuk mengubah perilaku seperti menghentikan kebiasaan merokok atau menggigit kuku

Tidak Cuma itu saja, hipnoterapi dapat membantu merubah persepsi maupun sensasi serta sangat berguna untuk mengobati rasa sakit. Terkadang, hipnoterapi juga digunakan sebagai salah satu bagian dari pengobatan fobia, kecemasan yang dapat menurunkan berat badan serta pengobatan medis lainnya.

Info selengkapnya !!!



Persiapan Sebelum Hipnoterapi

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan apabila ingin melakukan hipnoterapi. Tapi anda harus siapkan pakaian yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. tidak Cuma itu saja, supaya prosesnya berjalan lancar dan tidak mengganggu saat proses terapi dilakukan, sebaiknya istirahat dan tidur cukup.

Anda juga bisa meminta orang terdekat seperti keluarga untuk menjemput jikalau nanti ada efek samping yang muncul pasca penangan dilakukan. pastikan memilih terapi yang sudah berlisensi dan juga ahli agar hasilnya dapat dilihat oleh pasien.

Sebelum memulai prosesnya, anda bisa tanyakan beberapa hal berikut ini:

1.    Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses hipnosis

2.    Efek yang dirasakan oleh pasien

3.    Pengalaman dalam melakukan hipnosis pada kasus yang sama dan keberhasilannya

Efek Samping Yang Diderita Pasca Hipnoterapi

Hipnoterapi kian populer di kalangan masyarakat indonesia. tapi sayangnya, tidak semua pasien mengetahui efek samping yang diderita setelah hipnoterapi. Efek samping dapat terjadi saat proses berlangsung maupun setelah proses hipnoterapi dilakukan. berikut efek samping yang timbul saat proses hipnoterapi dilakukan:

1.    Rileks yang berlebihan

Efek pertama adalah tubuh akan merasakan rileks yang terlalu berlebihan. Hipnoterapi merupakan metode yang digunakan untuk menolong memperbaiki kondisi pikiran pasien yang salah satunya adalah dengan memakai teknik hipnosis. Teknik ini mebuat pasien terbawa ke alam bawah sadar mereka.

Dampak negatif dari penggunaan hipnosis adalah pikiran pasien yang akhirnya benar-benar tenggelam ke alam bawah sadarnya. Ini tentu akan sangat berbahaya bahkan bisa mengacam jiwa si pasien tersebut.

2.    Abreaction

Selain itu, dalam prosesnya juga biasanya pasien akan disugesti untuk berada pada kondisi tertentu. Di dalam kondisi ini ternyata bisa membangkitkan emosi dan juga keadaan fisik dari si pasien. Kondisi ini bahkan bisa terlalu kuat dan berlebihan sehingga memicu timbulnya ledakan emosional dan juga mental. Inilah yang disebut dengan istilah abreaction.

Di kondisi yang ekstrim biasanya abreaction dapat menyebabkan kepanikan maupun kecemasan yang berbahyaa pada kondisi pasien. Apabila tidak segera ditangani dengan baik dan cepat, ini juga akan sangat berbahaya untuk pasien tersebut.

Efek Samping Setelah Hipnoterapi

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui efek samping apa saja yang akan dialami pasien selama proses hipnoterapi dilakukan, maka kali ini kita akan membahas tentang efek samping setelah penangan tersebut. berikut diantaranya:

1.    Gangguan fisik

Efek samping pertama adalah gangguan fisik. Bisa saja pasien akan merasakan sakit kepala, pusing, lemas bahkan mengantuk.

2.    Abreaction

Selain itu, pasien juga kerap mengalami kondisi abreacion pasca penangan dilakukan. pasien suka meluapkan emosinya ke orang sekeliing setelah sesi dijalani.

3.    False memory

dan efek lain yang timbul setelah hipnoterapi adalah false memory. Ini menunjukkan adanya kenangan yang tertanam di dalam pikiran si pasien.



Jadi itulah penjelasan terkait pengertian, manfaat dan efek samping yang diderita setelah hipnoterapi. Semoga bermanfaat. 

Info selengkapnya !!!