Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dokter Psikosomatis di Makassar | Hipnoterapi Makassar |

 


DOKTER PSIKOSOMATIS.. 

Nah, sebelum kita membahas tentang dokter psikosomatis di Makassar. Alangkah baiknya untuk teman-teman mengenal lebih dulu apa psikosomatis itu.

Apasih psikosomatis itu?

Psikosomatis merupakan gabungan dari 2 kata. Dimana psyche berarti pikiran dan soma berarti tubuh. Dapat diartikan psikosomatis adalah keluhan fisik yang muncul dikarenakan pengaruh dari pikiran atau emosi seseorang. 

Gangguan ini biasanya terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Penderita psikosomatis akan mengalami gangguan pada kesehatan mentalnya hingga dapat memunculkan rasa takut, cemas, stress, ataupun depresi.

Penyebab seseorang menderita psikosomatis.

Di dalam hidup terdapat dua jenis stress. Yaitu stress baik dan stress jahat. Stress baik merupakan stress yang masih dapat diatasi, tidak membuat pengidapnya merasa tertekan, dan juga akan memberi rasa senang. Contoh stress ini antara lain; ketika menonton atau membaca sesuatu yang memiliki teori dan berkategori teka-teki. Stress ini disebut juga eustress.

Nah, dari penjelasan di atas pun Anda pastinya sudah dapat membedakan tentang apa itu stress baik dan stress jahat. Stress jahat (buruk) atau distress merupakan jenis stress yang terjadi ketika terlalu banyak memendam masalah sendiri dan tekanan dalam hidup tanpa berniat mengeluarkan sesuatu yang mengganjal dalam hati (mengeluarkan uneg-uneg) hingga menumpuk dan menjadi beban pikiran diri sendiri.

Apakah Anda semua termasuk penderita psikosomatis?

Seorang penderita psikosomatis biasanya akan merasakan nyeri ulu hati atau sakit perut, sakit punggung, sakit kepala, mudah lelah, nyeri otot, nyeri dada, telapak tangan berkeringat, sesak napas, bahkan dapat menyebabkan jantung berdetak kencang di luar batas normal.

Pada umumnya, gangguan psikosomatis yang dialami oleh anak-anak dan orang dewasa ditandai dengan rasa khawatir yang berlebih meskipun keluhannya terbilang ringan, munculnya keluhan fisik yang dipicu oleh stress dan seringkali terjadi secara berulang, serta muncul pada saat berada di alam bawah tekanan atau saat beban pikiran meningkat.

Psikosomatis juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik karena gangguan dari kondisi psikis, emosi, atau pikiran. Contoh kondisi fisik yang dapat diperparah oleh faktor psikis adalah sakit maag, eksim, psoriaris, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. 

Apa gejala psikosomatis itu lebih mudah hilang?

Dikutip dari halaman web ALODOKTER, seorang dokter menjelaskan jika. "Orang yang didiagnosa dengan gangguan psikosomatis tentunya yang terbaik adalah berkonsultasi dan ditangani langsung oleh psikolog atau psikiater karena gangguan ini bersifat kejiwaan. Selalu ada kesempatan bagi penderita gangguan psikosomatis untuk sembuh, namun tentu dipengaruhi juga oleh banyak faktor seperti ada tidaknya kesadaran penderita mengenai gangguan yang dialaminya, motivasi penderita untuk sembuh serta dukungan dari orang-orang terdekat, derajat tingginya keparahan gangguan mental yang dialami, kemauan penderita untuk mengikuti anjuran dokter, dan lain sebagainya. 

Beberapa anjuran yang sekiranya bermanfaat bagi penderita antara lain adalah: Seringkali gejala fisik timbul apabila penderita dalam keadaan tertekan ataupun stress, oleh karena itu kelola faktor stress yang ada dengan bijak; memikirkan hal-hal positif; melakukan olahraga, yoga, atau meditasi; menjaga daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur, hindari konsumsi rokok, minuman beralkohol; dan obat-obatan narkotika." Ulasnya dilaman internet.

Lalu bagaimana cara mengatasi psikosomatis bagi orang yang menderitanya ?


Untuk penyembuhan psikosomatis ini tentu saja harus dimulai dari diri pengidapnya sendiri. Seperti dijelaskan di atas, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan sendiri oleh orang pengidap gangguan psikosomatis tersebut. 

Selain itu, penyakit psikosomatis dapat disembuhkan dengan cara:

1. Konseling untuk membantu mengurangi stres.

Konseling merupakan salah satu metode atau proses untuk membantu klien menyelesaikan masalah yang mengganggu pikiran manusia dalam kehidupan. Konseling juga dilakukan untuk membantu klien dalam mengembangkan beragam macam cara yang lebih positif untuk menyikapi hidupnya sendiri.

Seringkali melakukan konseling akan membantu klien untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan pribadi. Sekali lagi kembali ditegaskan, jika konseling pada umumnya dilakukan dengan tujuan pemecahan masalah-masalah yang dihadapi oleh klien serta menumbuhkan kekuatan mereka dalam menyikap kerasnya hidup.

2. Melakukan meditasi atau teknik relaksasi.

Menurut Wikipedia, meditasi atau semadi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan.

3. Mencoba menulis jurnal (Journaling).

Berikut manfaat menulis jurnal:

  • Cenderung memperhatikan kegiatan sehari-hari.
  • Memperkuat fungsi emosional.
  • Mengurangi tingkat stress.

4. Psikoterapi, seperti terapi CBT (Cognitive Behavior Therapy).

Terapi CBT (Cognitive Behavior Therapy) sangat efektif dalam penyembuhan penyakit mental, fobia terhadap sesuatu hal tertentu, gangguan tidur, penyalahgunaan alkohol, gangguan seksual, gangguan bipolar, skizofrenia, obsessive compulsive disorder (OCD), dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

5. Hipnoterapi.

Dikutip dari Wikipedia, Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan pada subjek dalam kondisi hipnosis. Kata "Hipnosis" adalah kependekan dari istilah neurohipnotisme James Braid, yang berarti "tidurnya sistem saraf."

6. Berkonsultasi pada ahli psikosomatis.

Konsultasi dengan ahli psikosomatis adalah pertemuan yang dilakukan oleh pasien dan psikiater yang memiliki spesialisasi dalam mendiagnosa gangguan kesehatan mental.

Apakah Anda sedang mencari Dokter Psikosomatis di Makassar ?


www.klinikhipnoterapimakassar.com

Terdapat begitu banyak dokter psikosomatis di Makassar. Anda hanya perlu mencari di kolom pencarian google dengan keyword 'Dokter Psikosomatis di Makassar'. Maka, dengan otomatis di halaman beranda muncul berbagai macam nama dokter psikosomatis yang membuka jasa pelayanan mengenai penyakit gangguan mental ini.

Dokter Psikosomatis di Makassar tak begitu mahal bayarannya. "Sehat itu mahal." Kesehatan disepakati sangat penting, nomor satu. Hingga tak ayal banyak orang yang tak lagi mempertimbangkan berapa banyak budget yang perlu dikeluarkan dalam sekali sesi konseling.

Dokter Psikosomatis di Makassar melakukan konseling secara individu. Dilakukan dalam ruangan tertutup yang bersifat privasi, pun dengan dokter psikosomatis lainnya. Dokter Psikosomatis di Makassar tak sedikit membuka klinik sendiri dan ada juga yang bekerja di rumah sakit besar di Makassar.

Dokter Psikosomatis di Makassar. Mencakup dari 'Makassar', bukan berarti dokter tersebut hanya melayani client yang berdomisili di Makassar. Seperti yang anda tahu, zaman sekarang sudah canggih. Client dapat membuat janji dan bertemu tanpa harus bertatap mata secara fisik atau secara langsung. Hingga orang-orang yang tinggal diluar kota Makassar pun dapat melakukan konseling secara via online.

Oh, ya, teman-teman. Terdapat tempat hipnoterapi di wilayah Makassar yang juga mengatasi penyakit seperti ini. RUMAHHIPNO namanya... www.klinikhipnoterapimakassar.com

Beralamatkan di Citraland Tallasa City, Ruko Arcade No.51, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Melayani mulai dari hari Senin-Sabtu, pukul 8.00-17.00 WITA.

Adminnya pun sangat ramah dan tentunya harga persesi konselingnya juga ramah dikantong. Keahlian para admin pun tak kalah hebat dari dokter psikosomatis di Makassar.