Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hipnoterapi dalam Membantu Mengatasi GERD dan Asam Lambung

 


Hipnoterapi dalam Membantu Mengatasi GERD dan Asam Lambung

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala-gejala seperti mulas, nyeri dada, dan gangguan pencernaan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan kerusakan.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

·         Kelebihan berat badan atau obesitas

·         Merokok

·         Kehamilan

·         Konsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti makanan pedas, asam, atau berminyak

·         Obat-obatan tertentu, seperti obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID)

Pengobatan GERD dan asam lambung yang umum dilakukan adalah dengan perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan. Perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi GERD dan asam lambung antara lain:

·         Menjaga berat badan ideal

·         Menghindari makanan dan minuman tertentu, seperti makanan pedas, asam, atau berminyak

·         Berhenti merokok

·         Mengangkat kepala tempat tidur 6-8 inci

·         Tidak makan atau minum setidaknya 3 jam sebelum tidur

Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi GERD dan asam lambung antara lain:

·         Penghambat pompa proton (PPI)

·         Antagonis reseptor H2

·         Pengikat asam

Selain perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan, hipnoterapi juga dapat menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk GERD dan asam lambung. Hipnoterapi adalah suatu teknik terapi yang menggunakan sugesti untuk mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang.

Hipnoterapi dapat digunakan untuk mengatasi GERD dan asam lambung dengan cara:

·         Membantu klien untuk rileks dan mengendalikan stres

·         Meningkatkan produksi lendir di kerongkongan

·         Menurunkan produksi asam lambung

·         Meningkatkan fungsi sfingter esofagus bawah (LES)

Studi penelitian menunjukkan bahwa hipnoterapi dapat efektif dalam membantu mengatasi GERD dan asam lambung. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "The American Journal of Gastroenterology" pada tahun 2013 menemukan bahwa hipnoterapi dapat mengurangi gejala GERD dan asam lambung sebesar 60%. Studi penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal "The Journal of Clinical Gastroenterology and Hepatology" pada tahun 2016 menemukan bahwa hipnoterapi dapat mengurangi gejala GERD dan asam lambung sebesar 50%.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa hipnoterapi bukanlah satu-satunya pengobatan yang dapat mengatasi GERD dan asam lambung. Hipnoterapi dapat digunakan sebagai salah satu pilihan pengobatan, tetapi tetap diperlukan perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan untuk mencapai hasil yang optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan efektivitas hipnoterapi dalam mengatasi GERD dan asam lambung:

·         Pilihlah terapis hipnoterapi yang berpengalaman dan terlatih dalam bidang hipnoterapi medis.

·         Lakukan terapi hipnoterapi secara rutin, setidaknya 1-2 kali seminggu.

·         Lakukan relaksasi mandiri di rumah, seperti meditasi atau yoga.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat memperoleh hasil yang optimal dari terapi hipnoterapi dalam mengatasi GERD dan asam lambung.

Sebagian dari kita mungkin masih awam dengan pengobatan menggunakan hipnoterapi. Hal ini karena pengetahuan tentang perlu berapa sesi hipnoterapi agar efektif masih dipertanyakan.

Karena itu, berikut ini kami berikan referensi tentang manfaat dan cara kerja seorang hipnoterapis sehingga proses kerjanya efektif pada klien seperti yang juga diterapkan di klinik Hipnotrapi Makasar  hypno care Center

Terlebih dahulu kita ketahui dahulu manfaat menjalani hipnoterapi.

Diketahui, hipnotrapi merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai alternatif penyembuhan terutama berkaitan dengan kesehatan mental, masalah psikologis, hingga gangguan metafisik.

Metode yang digunakan adalah hipnoterapis memberikan sugesti kepada klien hingga menembus alam bawa sadar klien.

Memang bukan menjadi satu-satunya pengobatan, tetapi ini menjadi alternatif bahkan sering kali direkomendasikan para ahli medis sebagai Terapi komplementer atau tambahan klien untuk penyakit tertentu.

Saat proses terapi,  klien akan dibimbing menuju dan merasakan suasana yang rileks, sehingga dalam kondisi ini mampu meredakan perasaan stres atau depresi, hingga perasaan cemas berlebih.bahkan kondisi Terapi ini  juga bisa meredakan nyeri.

Untuk lengkapnya berikut manfaat menjadikan hipnoterapi sebagai alternatif.

Dikutip dari laman alodokter disebutkan bahwa hipnoterapi bermanfaat mampu mengubah persepsi, juga mengubah sikap, hingga perilaku seseorang pada sesuatu yang membuatnya selama ini merasa stres.

Bukan hanya itu, berbagai masalah lain juga bisa diatasi metode ini seperti diantaranya :

1. Stres

2. Depresi

3. Perasaan cemas yang berlebih

4. Luka batin

5. Benci yang mendalam

6. Dendam

7. Insomnia

8. Overthinking

9. Kebiasaan negatif

10. Sex problem

11. Permasalahan dalam rumah tangga

12. Masalah dalam pola asuh

13. Pecandu narkoba

14. Kecanduan game dan seks

15. Fobia dan trauma

16. Kurang percaya diri dan mental blok 17. Sulit menaikkan BB dan menurunkan BB 18. Susah dapat keturunan

19. Psikosomatis

20. dan gangguan pikiran dan perasaan lainnya


Sementara itu, berikut cara kerja hipnoterapi yang perlu untuk diketahui.

Hipnoterapis akan membuat klien merasa rileks hingga ke puncak ternyaman tanpa beban yang dirasa klien.

Kemudian therapis akan mengeksplor berbagai elemen dalam tubuh klien mulai dari pikiran, hingga perasaan, dan ingatan-ingatan negatif yang dirasa menyakitkan, tetapi selama ini tersembunyi di alam bawah sadar klien. Kemudian dilakukan proses release emosi emosi negative tersebut

Karena itu, setiap sugesti yang dimasukkan ke alam bawah sadar akan membuat klien merasa rileks serta fokus.

Ketika berada di posisi ini, klien biasanya mulai membuka diri untuk bercerita banyak hal yang dialaminya. Mulai dari rasa sakit, trauma, hingga rasa cemas yang membuatnya takut.

Saat masalah sudah diidentifikasi , hipnoterapis kemudian akan memasukkan sugesti sugesti berupa kalimat-kalimat tertentu yang sudah disusun sedemikian rupa yang akan membuat klien berusaha menerima keadaannya, serta bertujuan mengubah persepsinya terhadap masalah yang dihadapi, termasuk perilaku dan kebiasaannya.

Pada fase ini juga sugesti diberikan, supaya klien bisa mengelola emosinya serta diajarkan cara menghadapi hal-hal yang dikhawatirkan maupun ditakutkan selama ini.

Setelah sesi yang berlangsung kira-kira dua hingga empat jam tersebut, hipnoterapis kemudian akan mengajak Anda keluar dari alam bawah sadar yang biasa disebut sebagai terminasi dengan aman dan nyaman dengan sugesti sugesti pendukung.

Dengan keluarnya dari kondisi ini diharapkan sugesti sugesti yang sudah diberikan dapat dijalankan oleh pikiran bawah sadar klien sesuai dengan harapan dan keinginan klien menemui therapist

 

Sebagai kesimpulan bahwa

Hipnoterapi, Hipnotrapi, hypnotherapy, hypnoterapi, hypnoterapy dapat menajdi metode yang efektif untuk membantu klien dengan keluhan fisik seperti asam lambung, gerd yang disertai dengan anseti atau gangguan anxiety atau kecemasan berlebih sehingga klien dapat plih dengan cepat dan dap beraktivitas kembali seperti sebelumnya. Pentingnya menjaga kesehatan mental untuk menunjang kesehatn fisik agar bisa maksimal dalam berkegiatan juga disebutkan sebagai sehat secara holistic yang mana menjadi motto serta tujuan keberadaan kami. Semoga keberadaan kami dapat menjadi wasilah dan perantara kesembuhan bagi klien klien kami dalam mencapai kesahatan yang optimal.