Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hipnotis dan Hipnoterapi| Hipnotrapi |Hypnoterapi

 



Apa itu Hipnotis atau Hipnoterapi?

Hipnoterapi / Hipnotrapi / Hypnotrapi adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan hipnosis untuk membantu mengatasi berbagai masalah psikologis dan fisik.

Hipnosis adalah keadaan kesadaran yang ditandai dengan fokus konsentrasi yang tinggi dan relaksasi yang mendalam. Dalam keadaan hipnosis, seseorang lebih mudah untuk menerima sugesti dari terapis.

Bagaimana Cara Kerja Hipnoterapi ?

Hipnoterapi bekerja dengan memaksimalkan potensi alam bawah sadar seseorang. Alam bawah sadar adalah bagian dari pikiran yang bertanggung jawab atas berbagai proses otomatis, seperti pernapasan, pencernaan, dan memori. Alam bawah sadar juga menyimpan berbagai emosi, pengalaman, dan keyakinan yang dapat memengaruhi perilaku dan pikiran seseorang.

Dalam hipnoterapi, terapis akan membantu klien untuk memasuki keadaan hipnosis. Setelah klien berada dalam keadaan hipnosis, terapis akan memberikan sugesti tertentu yang bertujuan untuk membantu klien mengatasi masalahnya. Sugesti tersebut dapat berupa sugesti untuk mengubah perilaku, menghilangkan kebiasaan buruk, atau mengatasi trauma.

Apa saja Manfaat Hipnoterapi ?

Hipnoterapi dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah psikologis dan fisik, antara lain:

  • Kecemasan berlebih / Anxiety Disorder
  • Fobia
  • Stress
  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD)
  • Depresi
  • Gangguan makan
  • Gangguan tidur
  • Nyeri kronis
  • Kebiasaan buruk, seperti merokok, makan berlebihan, atau malas
  • Masalah kinerja, seperti kecemasan panggung atau berbicara di depan umum
  • Dan berbagai kondisi terkait pikiran dan perasaan

Jenis-Jenis Hipnoterapi

Ada berbagai jenis hipnoterapi yang dapat digunakan, antara lain:

  • Hipnoterapi klasik atau Direct Sugesti adalah jenis hipnoterapi yang paling umum digunakan. Dalam hipnoterapi klasik, terapis akan menggunakan sugesti verbal yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kondisi klien untuk menginduksi dalam keadaan kondisi hipnosis.
  • Hipnoterapi Ericksonian adalah jenis hipnoterapi yang dikembangkan oleh Milton Erickson. Dalam hipnoterapi Ericksonian, terapis akan menggunakan berbagai teknik sugesti, seperti metafora dan analogi, pembanding, cerita  untuk menginduksi keadaan hypnosis dan mmberikan pemahaman baru bagi klien.
  • Hipnoterapi regressive adalah jenis hipnoterapi yang digunakan untuk mengakses ingatan masa lalu. Dalam hipnoterapi regressive, terapis akan membantu klien untuk memasuki keadaan hipnosis dan kemudian memandu klien untuk kembali ke masa lalu untuk mengatasi trauma atau masalah lainnya.

Prosedur Hipnoterapi

Secara umum sesi hipnoterapi biasanya berlangsung selama 30-60 menit. Sebelum sesi dimulai, terapis akan melakukan wawancara awal untuk memahami masalah yang dialami klien. Setelah itu, terapis akan menginduksi keadaan hipnosis.

Setelah klien berada dalam keadaan hipnosis, terapis akan memberikan sugesti tertentu yang bertujuan untuk membantu klien mengatasi masalahnya. Sugesti tersebut dapat berupa sugesti untuk mengubah perilaku, menghilangkan kebiasaan buruk, atau mengatasi trauma. Pada akhir sesi, terapis akan membantu klien untuk keluar dari keadaan hipnosis.

Keamanan Hipnoterapi

Hipnoterapi adalah terapi yang aman dan efektif. Namun, penting untuk memilih terapis yang berpengalaman dan berlisensi. Terapis yang berpengalaman akan dapat membantu klien untuk memasuki keadaan hipnosis dengan aman dan nyaman.

Untuk kondisi dan progress Masing-masing klien berbeda-beda, tergantung pada tingkat kesulitan yang dihadapi klien, termasuk keadaan mental maupun fisiknya. Tidak hanya itu, jenis sugesti juga ikut berpengaruh.

Karena itu, pilih hipnoterapis yang memang kompeten dan ahli. Jangan sampai sudah keluar uang banyak, ternyata kamu memilih klinik hipnoterapi yang kurang tepat.

Ada baiknya, untuk membekali diri pengetahuan terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat terapi.

Jika masalah yang kamu hadapi berkaitan dengan penyakit mental, sangat penting untuk tahu apakah terapi efektif menyembuhkan penyakit mental tersebut atau tidak akan berpengaruh sama sekali?

 

Perlu diketahui ada dua faktor yang mempengaruhinya antara lain, faktor endogen dan eksogen. Apa perbedaan keduanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

1. Faktor Endogen atau internal

Untuk sembuh dari sakit mental, dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri klien tersebut.

Misalnya yang berkaitan dengan keseharian dan sifat yang dimilikinya. Klien merasa ingin sembuh dari sakitnya, sehingga secara sukarela mau mendatangi tempat terapi atau psikolog.

 

2. Faktor Eksogen atau Eksternal

Indikasi dari faktor ini tentu saja dalah lingkungan hidup atau sekitar klien. Misal, mendapat dukungan dari keluarga atau sahabat untuk sembuh, juga turut mempengaruhi kesembuhan klien.

Di sisi lain, selain kedua faktor tersebut, maka klien juga harus ikhlas menjalanis etiap sesi, jadi bukan karena terpaksa sehingga hasil akhir tidak maksimal.

Tahapan terapi ini tidaklah singkat, itulah mengapa membutuhkan waktu mulai 2 jam hingga 4 jam sekali sesi.

 

Beberapa tahapan ini antara lain:

Tahapan interview

Ini merupakan tahap awal, laiknya mengikuti wawancara kerja, mak untuk emmbangun kedekatan antara therapis dan kliennya, therapist harus menggali lebih banyak informasi emngenai klien tersebut.

Karena itu, pada sesi ini klien diminta berbicara jujur dan terbuka mengenai apa harapannya dan masalah yang sedang dialaminya.

Melihat sumber masalah tersebut, maka hipnoterapis akan menentukan metode apa yang akan diberikan kepada klien tersebut ketika menjalani terapi.

Tahap analisis SWOT

Pada sesi ini klien akan diminta merenungi kelebihan dan kekurangan dirinya. Tujuannya, supaya klien bisa semakin mengenal dirinya.

Tahapan Praindikasi

Pada tahapan ini setiap klien harus mearsa yakin akan melangkah pada sesi sugesti untuk mempengaruhi alam bawa sadar klien.

Tahapan Induksi

Tapan ini merupakan sesi dimana setiap klien akan memasuki gelombang alpha dimana pada fase ini otak berada dalam posisi sadar, kemudian akan digirng masuk ke gelombang thetha.

Pada fase theta, dimana otak berada dalam poisis setengah tertidur dan setengah sadar.

Tahapan Hipnotis

Pada fase ini, sugesti akan dimasukkan ke alam bawah sadar secara perlahan-lahan saja.

Tahapan Posthypnotic Suggestion

Sugesti positif masih akan terus diberikan hingga akhir sesi. Tujaunnya, supaya perilaku yang diinginkan benar-benar tercapai.

Tahapan Terminasi

Sesi ini akan membuat klien kembali ke suasana alam sadar.

PERLU BERAPA SESI HIPNOTERAPI AGAR EFEKTIF DAN EFESIEN

Melanjutkan pembahasan di atas, jadi Perlu Berapa Sesi Hipnoterapi agar Efektif dan efesien ? Kalau kamu memilih Layanan Hipnotrapi makassar/makasar  Hypno care center sebagai klinik hipnoterapi terbaik di Makassar, kami jamin mulai sesi pertama kamu sudah merasakan perubahan.

Sementara itu, sesi yang dipilih klien kami rata-rata sesi. Meski perubahan yang dirasa juga bervariasi ada yang kurang dari tiga sesi dan ada juga yang lebih dari itu.

Ini tentu sangat sepadan dengan harganya yang kompetitif. Karena dijamin Anda tidak akan rugi menggunakan jasa kami.

Beberapa layanan yang kami berikan antara lain:

Layanan Psikologi

Konsultasi seputar hipnoterapi

Klinik untuk kesehatan mental

Terapi kecemasan yang berlebihan

Terapi masalah depresi dan mental

Terapi Anxiety Disorder

Adapun daftar biaya ketika menggunakan layanan kami tentu tergantung pada jenis paket yang diinginkan antara lain:

- Untuk konsultasi dengan tarif Rp200 ribu, bisa dilakukan secara online maupun offline.

- Proses Terapi sebanyak sekali pertemuan termasuk sesi konsultasi hanya Rp700 ribu

- Ada paket 2 sampai 3 jam Sesi pertemuan sebanyak tiga kali dengan tarif Rp1,9 juta sudah termasuk konsultasi sebelum dan setelah terapi.

Harga di atas hanya berlaku dalam periode waktu tertentu saja. Anda bisa langsung hubungi kontak di website ini untuk update harganya. 

Sebagai Kesimpulan

Hipnoterapi adalah terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah psikologis dan fisik. Hipnoterapi bekerja dengan memaksimalkan potensi alam bawah sadar seseorang. Alam bawah sadar adalah bagian dari pikiran yang bertanggung jawab atas berbagai proses otomatis, seperti pernapasan, pencernaan, dan memori. Alam bawah sadar juga menyimpan berbagai emosi, pengalaman, dan keyakinan yang dapat memengaruhi perilaku dan pikiran seseorang.

Hipnoterapi adalah terapi yang aman dan efektif. Namun, penting untuk memilih terapis yang berpengalaman dan berlisensi.