Psikosomatis | gejala dan penanganannya |Hipnoterapi Makassar

PENYEBAB DAN GEJALA UMUM SESEORANG MENGALAMI GANGGUAN PENYAKIT PSIKOSOMATIS

Psiko artinya pikiran dan soma artinya tubuh.

Jadi, penyakit psikosomatis adalah penyakit yang timbul atau disebabkan oleh kondisi mental, pikiran atau emosi seseorang yang memiliki masalah.

Penyakit ini unumnya juga disebut dengan penyakit akibat stress yang berlebih.

Masalah emosi itu antara lain seperti rasa berdosa, merasa punya penyakit, stress, depresi, kecewa, kecemasan atau masalah emosi negatif lainnya.

Gangguan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya.

Apa saja gejala psikomatis yang biasanya muncul ?

- Asam lambung

Penyakit yang trend saat ini adalah asam lambung tinggi. Beberapa faktor penyebabnya, salah satunya adalah stress.

Pencernaan sangat sensitif terhadap Pikiran yang stress , sehingga ketika stress ini menjadi rutinintas maka produksi asam lambung menjadi tidak stabil dan jika berlangsung lama bisa mengakibatkan iritasi dan luka pada lambung itu sendiri.

- Sakit perut

Kehilangan nafsu makan, mual, diare ataupun muntah menjadi ciri-ciri yang umum diderita penderita psikosomatis. Kebanyakan mengalami rasa sakit pada perut bagian atas, tetapi jika diperiksakan ke dokter, tidak ditemukan masalah serius.

- Sakit kepala

Saat seseorang mengalami kecemasan, biasanya akan berdampak pada sisi emosional dan fisik. Hal ini mengakibatkan sakit kepala yang berulang-ulang.

- Kepanikan

Seseorang yang mengalami kecemasan dan kepanikan akan mengalami berbagai gejala psikosomatis yang kompleks, misalnya kesulitan bernafas, jantung berdegup kencang, nyeri dada, pusing dan berkeringat. Orang dengan gangguan panik ini dapat berpotensi mengalami agoraphobia, yaitu ketakutan ke tempat ramai karena tidak nyaman dengan serangan kepanikan.

- Kelelahan

Tekanan yang kuat akan membuat seseorang mengalami kelelahan yang luar biasa. Ini akan mengakibatkan seseorang sulit konsentrasi, mudah mengantuk dan pelupa.

.

Jika Anda mengalami hal-hal di atas dan saat memeriksakan diri ke dokter tidak ditemukan penyakit fisik, sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikolog atau seorang hipnotherapist yg berkompeten di bidangnya seperti layanan hipnoterapi makassar Hypno Care Center

Orang yg mengalami psikosomatis mungkin akan sulit membedakan apakah penyakit yang diderita itu psikosomatis atau disebabkan gangguan organis biasa, apalagi jika masalah emosi/pikiran penyebab sakit itu tidak disadari.

Segera hubungi kami jika Anda atau keluarga Anda mengalami gangguan psikosomatis seperti di atas